Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah yaitu Magelang di sisi barat, di sisi utara dan timur Kabupaten Boyolali, dan di sisi tenggara Kabupaten Klaten.

Gunung Merapi merupakan gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Gunung ini terbentuk akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo Australia yang bergerak ke bawah Lempeng Eurasia menyebabkan munculnya aktivitas vulkanik.

Pada bagian puncak Gunung merapi saat ini tidak dapat ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik yang cukup tinggi. Biasanya, jenis tumbuhan di bagian atas bertipe alpina khas pegunungan Jawa, seperti Rhododendron dan edelweis.

Jika ke bawah terdapat hutan bambu dan tumbuhan tropika. Hutan hujan tropis pegunungan di lereng selatan Merapi adalah tempat hidup anggrek endemik Vanda tricolor yang langka. Di sisi barat daya Lereng Merapi di bawah 1.000 m, adalah tempat asal ya salak pondoh dan nglumut.

Gunung Merapi dianggap sakral oleh Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sehingga memiliki seorang juru kunci yang bertugas menjaga gunung dan melindungi masyarakat yang tinggal di bawahnya akibat aktivitas gunung maupun ancaman lain. Juru kunci Merapi saat ini adalah Mas Bekel Anom Suraksosihono, yang merupakan anak dari Mbah Maridjan yang meninggal dalam erupsi gunung Merapi pada tahun 2010.

Scroll to Top