Cara Mengatasi Email Di Hack Paling Efektif

Baru-baru ini, banyak orang kehilangan akun Google/Gmail bahkan setelah mengaktifkan otentikasi 2 langkah. Lalu bagaimana cara mengatasi email di hack?

Pada dasarnya, memiliki kata sandi yang kuat (kombinasi huruf, angka, dan karakter) dan mengaktifkan otentikasi 2 faktor adalah cara yang bagus untuk melindungi akun email Anda dari hacker. Tetapi akun Anda masih dapat diretas dalam skema tertentu.

Seorang peretas dapat menebak atau mengetahui kata sandi Anda dan bahkan sandi telepon Anda. Berikut ini informasi tentang penyebab dan cara mengatasi email di hack yang diambil dari web seputar tips teknologi bukkol.

Penyebab Email di Hack

  • Seorang penyerang mengetahui kata sandi email Anda (melalui program spyware, keyloggers, memanfaatkan kerentanan untuk mengendalikan komputer Anda).
  • Melakukan login pada komputer atau perangkat lain tanpa otentikasi 2 langkah ( sehingga membuat peretas dapat dengan mudah mengambil kendali komputer dan akun email Anda).

Cara Mengatasi Email di Hack Dengan Mudah

Jadi apa yang harus dilakukan ketika akun email Anda telah di hack? Jika peretas telah mengubah sandi, pertanyaan keamanan, alamat email pemulihan, dan semua nomor telepon yang terkait dengan akun, Anda tidak akan dapat memulihkan akun Gmail menggunakan metode biasa.

Lalu bagaimana cara mengatasi email di hack jika opsi pemulihan biasa seperti email pemulihan dan nomor telepon tidak diubah, Anda dapat segera meminta kode verifikasi yang dikirim ke ponsel Anda atau mengonfirmasi tautan di email pemulihan.

Jika Anda tidak dapat mengakses salah satu opsi pemulihan, satu-satunya cara untuk memverifikasi identitas Anda adalah dengan menjawab daftar pertanyaan terkait akun Google yang diretas. Jawaban Anda akan membantu memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun yang disusupi.

  • Kata sandi terakhir yang Anda ingat (Wajib)?
  • Kapan terakhir kali (hari, bulan, tahun) Anda dapat masuk ke akun Gmail Anda (wajib)?
  • Kapan Anda membuat akun Gmail (bulan dan tahun) (wajib)?
  • Apa pertanyaan keamanan Anda?
  • Cantumkan lebih dari 5 alamat email yang sering dihubungi.
  • Daftar lebih dari 4 label.
  • Apa alamat email pemulihan pertama Anda?
  • Sebutkan 4 produk Google lain yang Anda gunakan dengan Gmail dan waktu (bulan dan tahun) Anda mulai menggunakannya.
  • Nomor telepon yang pernah dikaitkan dengan akun Google.
  • Informasi mengapa Anda tidak dapat mengakses akun Google/Gmail Anda.

Ketika diminta untuk memverifikasi identitas Anda dengan menjawab pertanyaan tentang akun Anda, Anda akan memerlukan informasi yang akurat sebanyak mungkin. Pertanyaan yang diajukan Google dapat bervariasi sesuai dengan penggunaan Anda.

Langkah-Langkah dan Cara Mengatasi Email di hack

  • Langkah 1: Buka halaman login Google dan klik “Butuh bantuan”
  • Langkah 2: Anda akan diarahkan ke halaman pemulihan akun Google. Pilih “ Saya tidak tahu kata sandi saya ” dan masukkan nama akun Google/Gmail Anda lalu pilih “Lanjutkan”.
  • Langkah 3 : Anda akan menerima kode Captcha, isi dengan lengkap dan klik “Lanjutkan”. Pada halaman berikutnya Anda dapat memasukkan kata sandi terakhir yang Anda ingat dan pilih “Lanjutkan” atau cukup pilih “Saya tidak tahu”.
  • Langkah 4 : Google akan menawarkan opsi pemulihan kata sandi yang biasa. Ini hanya berfungsi ketika Anda lupa kata sandi Anda tetapi tidak dalam kasus akun yang diretas. Karena peretas mungkin telah mengubah informasi pemulihan ini. Satu-satunya cara adalah memilih “Verifikasi identitas Anda”
  • Langkah 5 : Pada halaman “Verify your identity” akan dilakukan proses verifikasi akun. Anda harus menjawab serangkaian pertanyaan terkait.

Google menyarankan Anda menjawab pertanyaan seakurat mungkin (kekuatan jawaban Anda akan menentukan apakah Anda bisa mendapatkan kembali akun Anda) dan jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, Anda dapat membuat penilaian perkiraan perkiraan.

Anda dapat melewatkan pertanyaan yang tidak Anda ingat, tetapi cobalah menjawabnya karena itu tetap penting.

Jika Anda tidak yakin berapa lama Anda akan menggunakan layanan Google, Anda dapat meminta bantuan teman. Misalnya, saya dapat memeriksa pesan konfirmasi di ponsel saya untuk menemukan tanggal saya mulai menggunakan layanan ini. Atau saya dapat menemukan tanggal mulai dengan memeriksa kotak surat teman saya untuk pesan yang dikirim dari alamat yang hilang.

Jika informasi yang Anda berikan cocok dengan informasi di akun Google Anda, Anda mungkin dapat memulihkan kata sandi Anda. Google akan segera memberi tahu Anda jika informasi yang Anda berikan benar dan memungkinkan Anda untuk memasukkan kembali informasi tersebut dengan lebih akurat.

Pada dasarnya, otentikasi 2 langkah sudah cukup untuk memastikan keamanan akun Anda, tetapi Anda juga perlu menyadari beberapa kasus ketika peretas dapat menginstal kode berbahaya, perangkat lunak pelacakan untuk memantau dan mengontrol komputer Anda.

Selalu lakukan tindakan pencegahan dengan menginstal perangkat lunak anti-virus, hindari mengakses situs web, membagikan tautan yang tidak Anda ketahui (dapat menjadi sumber kode berbahaya), dan tidak membagikan akun Anda kepada siapa pun…

Scroll to Top